14 Mar 2013

INTISARI ADAB - ADAB MEMBACA AL-QURAN

AssalamuAlaikum... Alhamdullillahirabbil Alamin, salawat dan salam atas rasulullah semogah tercurah selalu.

Hidup jangan pernah terucap kata bosan. begitu juga dengan menuntut ilmu. lebih-lebih lagi ilmu agama, walaupun memang perasaan bosan sering kali ada dalam benak setiap insan, hal itu merupakan sunnahtullah yang sering pakar agama bilang. walaupun dunia kerja melitihkan tubuh, dan menguras pikiran, insya Allah saya bisa ngeblog terus. di samping menulis di blog mengajarkan orang lain tapi kita juga dilatih untuk belajar untuk orang lain, belajar dan mengajar. apalagi Rasulullah bilang setiap muslim itu wajib menuntut ilmu. dan Surah yang pertama turun adalah surah Iqra', yang artinya kita sebagai muslim mesti pandai dalam seluk beluk kehidupan, lebih lagi kita harus pandai dalam urusan beragama.

Kalau kita lihat kehidupan ummat islam sekarang di tanah air kita semakin memburuk. banyaknya pemikiran liberalisme, komunisme, nasionalisme, zeonisme... dan isme2 yang lain... :), membuat ummat islam terpecah, padahal jelas sekali wasiat dari rasulullah bahwa, jika kita berpegang teguh pada Kitabullah (Al-Quran) dan Assunnah (perkataan, perbuatan rasulullah) kita akan terhindar dari yang namanya kesesatan.

insya Allah, pada posting kali ini cukup sedikit tapi mudah-mudahan berberkah bagi yang membaca yaitu tentang Intisari adab-adab membaca Al-quran.
Sebagai berikut

1. Berwudhu
2. suci dari hadas dan najis baik jasad, pakaiannya, dan  tempatnya 
3. memulai dengan audzubillahi minasyaitonirrajim (ta'audz)
4. dan Bismilllahirrohmanirrahim (basmalah)
5. mengucapkan huruf sesuai dengan makhrajnya, memperhatikan hukum tajwid, serta membaca dengan tartil.
6. memperindah bacaan alquran
7. hendaknya membaca dan merenungkan kandungan kitab suci Al Quran
8. berdoa ketika memulai atau sesudah membaca ayat-ayat Al Quran

untuk penjelasannya dan rujukannya serta dalil-dalil dari adab-adab Membaca Al Quran, insya Allah pada kesempatan lain saya akan tulis tentunya di blog yang sama.Wallahu A'lam.